al-Rasikh, diterbitkan dua kali setahun sejak 2011, adalah jurnal yang diterbitkan oleh Fakultas Syariah Institut Agama Islam Darullughah Wadda’wah Bangil Pasuruan. Jurnal ini membahas tentang hukum Islam. Tujuannya adalah untuk memberikan pembaca pemahaman yang lebih baik tentang hukum Islam dan perkembangan saat ini melalui publikasi artikel konseptual maupun, artikel penelitian.

 Jurnal ini mengundang para ilmuwan yang terkait dengan hukum Islam. Artikel harus asli, tidak dipublikasikan dan tidak ditinjau untuk publikasi di jurnal lain. Semua naskah yang akan diserahkan harus mematuhi pedoman penulisan dank ode etik karya ilmiah berdasarkan pertimbangan editor, dewan editorial, maupun reviewer. Konten naskah yang tidak sesuai dengan kriteria dan atau melanggar pedoman yang telah ditentukan maka akan ditolak.

Artikel harus ditulis dalam bahasa Indonesia antara sekitar 10.000-15.000 kata yang terdiri dari teks, tabel dan grafik, catatan, referensi, dan lampiran-lampiran yang masuk dalam publikasi. Semua pengiriman harus menyertakan 150 kata abstrak dan 5 kata kunci. al-Rasikh menerima pengiriman berupa surat elektronik, tetapi disarankan untuk melakukan pengiriman melalui SUBMIT. Oleh karena itu, penulis harus registrasi sebelum mengirimkan artikelnya.

Semua catatan kaki yang dikutip harus muncul dalam daftar referensi di bagian akhir artikel. Dalam hal gaya bibliografi, al-Rasikh mengikuti panduan TURABIAN style dan CHICAGO style, seperti di bawah ini:

  1. Model TURABIAN

Catatan Kaki (CK): Imam Suprayogo dan Rasmianto, Perubahan Pendidikan Tinggi Islam: Refleksi Perubahan IAIN/STAIN Menjadi UIN, (Malang: UIN-Maliki Press, 2008), h. 36.

Daftar Pustaka (DP): Suprayogo, Imam dan Rasmianto. 2008. Perubahan Pendidikan Tinggi Islam: Refleksi Perubahan IAIN/STAIN Menjadi UIN. Malang: UIN-Maliki Press.

 

  1. Model CHICAGO (memakai ZOTERO)

Catatan Kaki (CK): Imam Suprayogo and Tobroni, Metodologi Penelitian Sosial-Agama (Remaja Rosdakarya, 2001), 14.

Daftar Pustaka (DP): Suprayogo, Imam, and Tobroni. Metodologi Penelitian Sosial-Agama. Remaja Rosdakarya, 2001.

 

Huruf: ', b, t, th, j, ḥ, kh, d, dh, r, z, s, sh, ṣ, ḍ, ṭ, ẓ,', gh, f, q, l, m, n, h, w, y. Vokal pendek: a, i, u. vokal panjang: ā, ī, ū. Diphthongs: aw, ay. Tā marbūṭā: t. Artikel: al-. Untuk informasi detail tentang Romanisasi Arab, silakan lihat sistem transliterasi Panduan Perpustakaan Kongres (LC).