Sosial Media Sebagai Sumber Informasi Dan Dakwah Jamaah Majelis Sholawat Albanjari Koordinator Kecamatan Waru

  • Muhajir Sulthonul Aziz Institut Agama Islam Darullughah Wadda'wah Pasuruan
Keywords: Majelis Sholawat, dakwah, sosial media, instagram

Abstract

Sholawat merupakan suatu anjuran bagi umat muslim diseluruh dunia. Sholawat secara bahasa adalah suatu cara kita untuk memberikan doa keselamatan, yang dalam konteks ini ditujukan kepada nabi Muhammad SAW. Dakwah dalam era digital ini dapat dilakukan dengan berbagai cara dan media. Dalam fleksibilitas dakwah yang melihat subyek dari penikmat dakwah tersebut dakwah dapat dilakukan melalui internet, lebih tepatnya melalui media sosial. penelitian kali ini ingin mengetahui pengaruh dari pemanfaatan media untuk penyebaran informasi dan dakwah dalam Majelis Sholawat Hadrah al-Banjary dan Maulid Shimtudduror Koordinator Kecamatan Waru. Majelis sholawat dengan jumlah jamaah lebih dari 500 orang, lebih dari 50 grup hadroh al-banjary dan lebih dari 38 ranting tersebar didesa-desa yang berada dibawah kecamatan Waru. didapatkan bahwasanya efiensi dakwah untuk masyarakat dapat melalui media sosial. Media sosial Instagram terbukti dapat menjadi fasilitator penyampaian informasi untuk Majelis Sholawat Hadrah al-Banjary dan Maulid Shimtudduror Koordinator Kecamatan Waru. Akun instagram yang aktif menyebarkan pengumuman-pengumuman, kata-kata dakwah berupa quotes, cuplikan-cuplikan tausyiah, rekaman-rekaman qosidah dan juga live streaming saat majelis dimulai. Hasil dari adanya penyebaran informasi melalui akun Instagram @majelis_korcamwaru adalah banyak jamaah yang hadir karena mengetahui informasinya melalui Instagram tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.
Published
2019-10-09
Section
Articles